Wednesday, October 2, 2013

Pandangan agama yang berlainan mengenai Pendidikan.

ISLAM
·         Belajar merupakan perintah utama dari agama Islam.
·         “(1) Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, (2) Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, (3) Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, (4) Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam.”
·         Ilmu dan orang berilmu sangat dihargai dalam Islam.
·         Pergi merantau dalam rangka mencari ilmu dipandang sangat positif dalam pengembangan diri dan wawasan.
·         tujuan umum pendidikan Islam ada lima:
1.       untuk membentuk akhlaq yang mulia.
2.       persiapan untuk kehidupan dunia dan akhirat
3.       persiapan untuk mencari rizki dan pemeliharaan segi manfaat, atau secara populer diistilahkan dengan tujuan vocational dan professional
4.       menumbuhkan semangat ilmiah pada para pelajar, dan memuaskan rasa ingin tahu, serta memungkinkan mereka mengkaji ilmu demi ilmu itu sendiri

5.       menyiapkan pelajar dari segi profesi, teknik, dan pertukangan supaya dapat menguasai profesi tertentu dan keterampilan pekerjaan tertentu, agar dapat mencari rizki dalam hidup, di samping memelihara segi kerohanian dan keagamaan.


KRISTIAN
·         Yesus Kristian merupakan Mahaguru yang menyampaikan segala agama Kristian lebih daripada dua tahun, kemudian diambil alih oleh rasul-rasul (apostles), dan wali-wali (saints).
·         Pembimbing dan membantu murid-murid mereka melengkapi diri.
·         Melindungi murid-murid mereka daripada kumpulan-kumpulan pengaruh negatif atau ajaran-ajaran sesat.
·         Menunjukkan arah kebenaran yang tepat kepada murid.
·         Memberi dorongan yang wajar agar dapat meningkatkan pencapaian anak-anak murid dari segi pencarian ilmu kerohanian


BUDDHA
·         mengajar manusia dengan berbagai macam ilmu dengan tujuan untuk membebaskan mereka dari penderitaan.
·         Belajar merupakan jalan satu-satunya untuk dapat membebaskan diri dari kebodohan.
·         Pendidikan adalah penerusan nilai, pengetahuan, kemampuan, sikap dan tingkah laku; yang dalam arti luas pendidikan merupakan hidup itu sendiri (dan belajar itu seumur hidup), sebagai proses menyingkirkan kebodohan dan mendewasakan diri menuju kesempurnaan.
·         usaha yang disengaja dan terencana untuk mendorong seseorang belajar dan bertanggungjawab, mengembangkan diri atau mengubah perilaku, sehingga bermanfaat bagi kepentingan individu dan masyarakat.
·         Buddhisme memandang, setiap orang dilahirkan dengan pembawaan baik dan buruk.

No comments:

Post a Comment